Kamis, 27 Maret 2008

Matman

Mat Man

Pernah tau kan game jaduuul banget dah tuh ”MatMan” nama persisnya saya kagak tahu.. yang jelas di keluraga saya frase Matman adalah untuk penyebutan seseorang yang kalo makan kagak bisa berenti hihihi….. sapa tuh…

Pesan Rasulullah SAW : “…….berhentilah makan sebelum kenyang” wah saya payah sering lupa pesan tersebut … saya sering menjelma majadi Matman….. hap-hap-hap terus seperti matman memangsa..

Awal penyebutan tersebut saking susahnya mendeskripsikan saya terhadap kegilaan yang namanya kue tradisional K E L E P O N kue yang terbuat dari ketan dibulat-bulat dalamnya disi gula merah… kalo kelepon sudah ada di depan mata udah deh saya menjelma jadi matman liar si pelahap klepon…. …………….. ditambah lagi anak saya yang pertama akhir-akhir ini sangat suka membuat kue KELEPON walaupun pernah gagal membuatnya, malah makin semangat untuk lagi-lagi-lagi membuat klepon…. Sebetulnya kalo saya sudah selesai menjadi Matman klepon, suka muncul penyesalan yang dalaam, jadi terpikirkan betapa banyak kalori yang sudah masuk ke tubuh saya (untuk kesehatan temtunya).. berapa kg nanti berat badan akan bertambah, padahal di usia yang tidak muda lagi harus bener-bener dapat mengontrol apapun.

Selain saya yang sering menjelma Matman si pelahap klepon, sebagaimana peribahasa yang sudah usang tapi masih tetap dipakai di keluarga saya “ Guru BAK berdiri, murid BAK berlari “ begitulah, saya sebagai Guru di rumah, punya dua murid yang sangat sangat mengikuti apa yang saya ucapkan dan lakukan termasuk manjadi Matman si pelahap klepon…. hap-hap ….hemm

Kalo mau difilosofi-kan ke-Matman-an saya (seperti anak saya yang sangat suka memfilosofi-kan segala sesuatu hal yeahh…. betul anak saya termasuk Matman filosofi) mungkin begini bahwa segala sesuatu harus tidak L E B A Y (istilah anak saya dan peer groupsnya- untuk menyebut berlebihan), kemudian harus bisa menahan diri (menurut anaknya Covey 7 eh sekarang dah 8 habit ktnya “menahan diri =sexy’ ), yang paling-paling .. adalah ada yang selalu mengawasi tanpa saya sadari (ditiru anak-anak).

Matman….. filosofinya adalah untuk sesuatu yang berlebihan, untuk sesuatu yang melenakan dan meninabobokan sampai melampaui batas.... apapun itu................ sehingga melupakan/menabrak rambu-rambu yang sudah ditetapkan-NYA....

Padahal telah jelas di Adz-Dzikr “Makanlah diantara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaanKu, menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa oleh kemurkaanKu, maka binaslah ia (QS 20 : 81)

Wallahu’alam...

Tidak ada komentar: