Jumat, 07 Maret 2008

buku yang tak habis kubaca

Bissmillahirrohmaniirohiim

Kalo dihitung-hitung aku punya blog sudah tiga bulan … waah dibandingkan kedua anak-anakku aku termasuk yang sangat-sangat tidak produktif padahal aku selalu menuntut lebih tepatnya memotivasi pada anak-anakku harus terus dan terus menulis…. Alasan kenapa aku tidak produktif posting, agak klise sih ….yaitu kerjaan kantor yang speed tinggi dan yang kedua tentu saja mati ide… tapi aku ketika kerja biar gak suntuk selalu walkings in the blog terutama blog temannya dey…. Soalnya teman Pin belum terdeteksi punya blog seeh….. sekarang untuk ngisi blogku mau nulis yang mudah saja ah tentang Dey yang dulu sempat akan aku namai Dhiya Adhichetah …. kaya gitu deh
Aku sangat kagum dengan teman-teman dey … masih anak-anak (hehe dimataku tentunya) tulisannya sudah kiyen-kiyen dan tentu saja produktif….. jadi ngiri (iri yang dibolehkan diantaranya ngiri pada orang yang berilmu…. Kok bisa yah, kok aku gak bisa yah…. Citana seh sebagai pemacu…. Tapi bukan pemacu tenaga seperti minuman M-50 dan sejenisnya yang mengandung anabolic steroid yang sangat berbahaya pada kerja ginjal).
Aku senang bisa membaca serpihan-serpihan pikiran mereka kadang sangt berat sepertinya (ternyata ada ya anak-anak yang sudah memikirkan yang berat-berat) tulisannya tidak kalah dengan tulisan Anis Matta mungkin kadang lebih daleem daripada Anis Matta.
Aku sering mengatakan pada kedua anakku adalah suatu anugrah/ni’mat yang luar biasa buesar ketika Allah SWT mempertemukan kita dengan teman-teman yang hebat, teman yang selalu memberikan inspirasi kebaikan pada kita, kan teman adalah cermin diri kita, kalau ingin tahu pribadi seseorang lihat saja temannya. Jadi pengaruh teman sudah terbukti memberikan energi yang berlipat-lipat untuk aktivitas kita.
Sejak anak-anakku di TK aku selalu mencari tahu tentang teman-teman anakku, dan aku akan memberikan rambu-rambu mana teman yang perlu terus jadi sahabat sejati.
Waktu TK dey punya teman namanya Ibadurrahman Rabbani dia umurnya setahun dibawah dey, dan dey mulai sering cerita tentang temannya itu yang katanya Ibad (demikian ia dipanggil adalah teman yang paling menyenangkan untuk berulah terutama menggoda teman-teman lain sampai nangis) dey ketika TK hobby nangisin temennya. Kelak setelah sama-sama SMA (dia di MAN 13 LA) pernah SMS-an dan Ibad bertanya "apakah si dey masih culun seperti dulu?" dan dey juga menggodanya "apakah ibad masih suka berbedak seperti buah kesemek (putih-putih tidak rata)? " Bhuehe.
Berikutnya adalah masa dey SD. Dey masuk SD Negeri 29 deket rumah pas hari pertama masuk aku ngambil cuti khusus untuk mengenali temen-temen dey. Salah satu temen deket dey adalah Hari Purwanto (saat ini dia Mhs Filsafat UI biar ketemu Dian Sastro katanya beralasan kenapa masuk filsafat)….. si Hari ini adalah cinta Brontosaurusnya dey demikian dey katakan sambil cengar cengir… hehe…..
Waktu SMP dey diterima di SMPN-3 Depok yang agak jauh dari rumah padahal rumah kami sangat deket dengan SMPN-4 Depok (karena SMP 3 lebih ngeTOP alas an dey). Masa SMP ini dey pernah punya peer group namanya sweet gank beranggotakan 5 orang (Dey, Carine, Indah, Ningsih, Kusri) perjalanan sweet gank ini mengalami pasang surut maklum semuanya ingin jadi pemimpinnya akhirnya bubar dan waktu itu dey berhari-heri menangisi bubar gengnya… nasihatku sih cuma sederhana saja "dey SMP itu masa-masa indah sayang bgt kalo hal tersebut jadi ganjalan keindahan masa smpmu". Akhirnya dey bisa menerima saranku untuk menjalin pertemanan dengan yang lain yaitu Soumun Khir Hafid, Dicky Pratama, Miftah, Sri dan Kenedy….. kelas 3 waktu itu. Wah ceritanya seru banged bersama mereka, tiap hari sepulang sekolah aku berjam-jam mendengarkan dey menceritakan kejadian hari itu di sekolah…. Wah dan ternyata akupun ketagihan untuk mendengarkannya persis seperti ibu-ibu yang ketagihan sinetron hehe….. seru dan akhir yang baik….. tapi sayang temen-temen deket dey tersebut tidak masuk SMANSA Depok satupun kecuali dey….. mereka masuk SMANTI yang berlokasi di Cikumpa….. Cikumpa kami….. dan dey lebih milih SMANSA yang dianggap lebih TOP BGT untuk ukuran Depok……..
Waktu tak satupun teman dekat dey yang masuk SMANSA aku merasa sedih wah sinetron Dey akan habis ceritanya….. ternyata TIDAk saudara-saudara…..
Sejak awal masuk SMA dey sudah berancang-ancang mau mengikuti berbagai kegiatan dan aku sih OKs saja…. Toh organisasi juga suatu pelajaran …. Pelajaran tentang tanggung jawab terhadap amanah…. Jadilah SMA bagi dey masa-masa suibuk pulang malam-malam naik ojeg dari Raden Saleh ke Cikumpa yang tidak ada di peta Depok. Aku pikir cerita dey akan berkurang setelah kesibukannya seabreg ..ternyata tidak ….. semakin sibuk dey semakin perlu adanya penyaluran segala unek-unek dan segala rasa……. Aku sih siap-siap saja tuk menjadi pendengar yang baik dari cerita dey…….
SMA adalah masa-masa dey mulai memiliki teman yang lebih kiyen-kiyen… aktif berorganisasi dan prestasi akademisnya tetap TOP…. Masa-masa dey mulai merasakan ada "pelangi yang hadir belum waktunya" (istilah yang baru setelah dey jadi BENDUM MPM katanya seh dari Jati…. Istilah yang indah), dan dey mengalami masa-masa ada gerimis mengundang di hatinya (bukankah munculnya pelangi setelah gerimis)…. Sepertinya jadi sebuah masalah yang mengganggu dadanya … gitu katanya… untung dey selalu mendiskusikannya denganku…. Kami bertiga kan penggila tuliasan Torey Hayden dan kami menyelesaikan masalah terinpirasi olehnya…… selalu ada jalan keluarnya…… dan dey merasa luegaaa. Masa SMA ini benar-benar masa lintasan rasa dey menjadi sangat full color… dan ada satu pengalaman yang amazing ktanya yaitu ketika dey jadi penulis sekaligus pembaca narasi fragmen angkatan…. dan dey ceweq sendiri bersama ikwan-ikhwan yang sangat pakem dengan keihkwanannya….. hehe
Dey memang pencerita yang baik kalo dia cerita yang sedih kami bertiga akan merasakan kesedihan yang dalaaam dan kalo dey cerita yang lucu kami akan tertawa tergelak-gelak,,
Sekarang dey sudah jadi mahasiswa Fak Psikologi dan tentunya dengan teman-teman baru yang huebat-huebat pula terutama teman-teman MPMnya….. yang suka nulis yang berat dan dalam … (yang membuat aku harus berfikir keraaas untuk nyambungnya) dan memberikan dey inspirasi untuk nulis apa saja….. seperti mereka hanya agak beda konten dey tulisannya ringan dan renyah kaya kerupuk karak dari Solo.. kesukaan dey…….
Dey seperti buku yang tak habis-habisnya kubaca…..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ngefans benget ama adhicitana...gantian dunk aku diceritain...