Sabtu, 22 November 2008

Menghadiri Mitsaqan Ghaliza Mb Cici dan Mas Yudo

Depok Timur, Ahad, 9 November 2008 jam 08.20 WIB

Model undangan yang bersahaja tapi syarat makna kayaknya mewakili profil Mas Yudo yang alumnus Fakultas Teknik UI 2003 (afwan Mas kalau salah tahun)….

Dibawah kedua nama CM (Calon Mempelai di surat undangan) tertulis untuk melaksanakan syariat agama-Mu memenuhi sunnah Rasul-Mu dengan mengikat “Mitsaqon Gholizo” (perjanjian yang amat kukuh) dalam bentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah…..

Saya sudah berazzam untuk datang pada acara akadnya (“Mitsaqon Gholizo”) Mba Desi dan Mas Yudo, yang menurut mbak Desi awalnya direncanakan jam 07.00 WIB karena Mas Yudo menginginkan khutbah nikahnya oleh Dr. Amir Faisal yang hanya memiliki waktu lowong pada Ahad 9 November sekitar jam 07.00…

Sehingga acaranya direncanakan khutbah nikah terlebih dahulu sebelum akad (hal yang kurang lajim), sedangkan petugas KUA bisanya jam 08.00 (pokoknya yang memberi khutbah nikah harus Dr. Amir Faisal)…. Rencana Allahlah yang pasti …Alhamdulillah Dr. Amir Faisal (Ustadz Al Hikmah) bisa khutbah jam 08.20 setelah acara Mitsaqon Gholizo selesai…. Subhanallah.

Khutbah yang membuat hampir seluruh yang hadir tergugu haru dan berkaca-kaca termasuk saya… saya baru “ngeh” kenapa mempelai pria begitu ngotot menginginkan yang khutbah nikah oleh Dr. Amir Faisal… yak karena beliau bukan orang biasa, beliau orang yang hatinya nyangkut ke langit yang perkataannya “ syaqilan” dan “syadidan”…. yang perkataannya menggetarkan rasa saya… haru dan syahdu..

Ternyata tujuan nikah menurut Ust Dr. Amis Faisal adalah untuk mencapai TAQWA.
Kalau nikah untuk menjadi kaya harta, ada sebagian orang yang tidak ditaqdirkan memiliki harta yang banyak… jadi bukan itu tujuan nikah…. Kalau keturunan yg jadi tujuan banyak orang yang menikah tidak dikaruniai anak….jadi jelas bukan itu. Jadi tujuan nikah adalah sarana menjadi lebih taqwa.

Beliau juga menguraikan mawaddah warahmah. Mawaddah adalah cinta dalam pernikah perlu cinta, namun cinta itu seiring dengan berlalunya waktu akan semakin berkurang, sedangkan rohmah adalah kasih sayang… oleh karena itu fungsi rohmah disini berperan sebagai “penyangga” cinta…………… (ehm kata “penyangga” asli dari saya)… ah lebih tepatnya membersamai/melengkapi… atau saling melengkapi…. Hhhuu saya kesulitan menyampaikan kembali kata-kata beliau. …yap betul sekaleh…kalau menikah dengan tujuan mencapai Mardhatillah… mawwadah akan terikat bersama rahmah…

Oya Dr Amir Faisal juga menerangkan tentang fungsi suami isteri …. Suami pakaian bagi isterinya demikian juga isteri pakian bagi suaminya….
Fungsi pakaian sebagai melindungi, menutupi, memuliakan …. Nah demikianlah fungsi suami dan isteri…

And so ketika salah satu ada yang marah suami atau isteri, ingatkan dengan baik dengan kata-kata “wahai suamiku engkau kan pakaianku” atau “wahai isteriku engkau kan pakaianku” ….. huuuhuuu…. co cuittt deh….


Pokoke barakallah deh buat mba cici dan mas yudo……………… tambah semangat yak da’wahnya……………….. Mba Cici tahukah dirimu tulisan ini sudah saya buat sejak 10 November 2008 sebagai hadiah buat dirimuh…. Telat tayang yak… moga Mba Cici juga dah telat….. hhheee.

6 komentar:

dea alias dey mengatakan...

doakeun dooong mah,,biar aku yang kayak gituh,,hehehehee

khadijah-aisyah mengatakan...

assalamu'alaikum wr. wb.
..eleuh-eleuh..nyesel euy telat gak sempat dengerin khutbah nikahnya dr. amir faisal...
tapi pokokna..berhubung gak bisa kontak m'cici & m'Yd..punten nitip di blog ini..(tolong sampaikan ya geulis..sukron).. smoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah... smoga kita DIPERSATUKAN dalam ridho Allah SWT..& termasuk kedalam golongan orang2 yang berTAQWA..amin.. :)

bayangantorgon mengatakan...

Wa'alaikumussalam Wr. Wb. Mbak khadijah - aisyah... makasih sudah berkunjung ke bayangan togon... Insya Allah saya sampaikan salam buat mba Cici... maaf telat balasnya maklum nyuri2 waktu senggang GARTIZan Hhe.

bismillah mengatakan...

assalau'alaikum
bu...mau tau aisyah-khadijah siapa yach jelasnya??? salamnya diterima, tapi kan biar lebih enak kalo tau orangnya:)

bayangantorgon mengatakan...

pas salamnya disampaikan ....hihiy mba cici gak kenal nama kemaruk (dua nama isteri kesayangan Rasulullah SAW digabungkan) trus-trus....yang banyak aliasnya kan biasanya teroris bhuehee

khadijah-aisyah mengatakan...

ups...hmm bahasanya ya...
semoga ini bukan gaya bahasa m'cici...kan sy menyampaikan do'a dengan tulus...

klo mau kenal ttg sy pelajari dari bahasanya saja ya...dan sedikit profil di blog..

sekali lagi buat m'cici...ceritakan di blog ya..bagaimana gambaran keTAQWAan dalam suatu rumahtangga yang baru ini...semoga jadi renungan buat calon2 yang lain..

salam sayang...
wassalamu'alaikum...